Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Segera Diluncurkan: Gerakan Literasi Sekolah

Logo Gerakan Literasi Sekolah

Ketika Pak Satria Dharma menawarkan kepada sekolah yang ingin meningkatkan budaya literasi di tempatnya, saya langsung mengamini ajakan beliau di salah satu milis pendidikan CFBE (Centre For Betterment Education). Saya langsung terpantik untuk setuju dan kemudian memutuskan menjadi panitia pelaksana Gerakan Literasi Sekolah. 

Pak Satria Dharma

Selain menyumbangkan ide, Pak Satria pun menanggung semua ongkos transportasi, penginapan, dan konsumsi agar tidak memberatkan panitia. Eudaimonist adalah sebutan cocok untuk orang-orang yang ketagihan berbuat baik seperti beliau. Selain menanggung ongkos sendiri, beliau pun membuat sebuah proposal umum kegiatan GLS ini. Tugas saya sebagai pengundang adalah memodifikasi proposal tersebut. Berikut ini adalah poin-poin memikat proposalnya.

Permasalahan

  1. Hampir semua kota-kota besar di Indonesia tidak punya perpustakaan yang memadai; padahal hal itu merupakan salah satu ciri kota modern.
  2. Sebagian kecil perpustakaan yang ada di kota besar sangat kecil jumlah kunjungan pembacanya. Di Jakarta, dari sekitar 10 juta penduduk, yang berkunjung ke perpustakaan hanya 200 orang/hari dan hanya 20% yang meminjam buku. Ini berarti masyarakat tidak membaca.Budaya menonton telah menguasai masyarakat kita.
  3. Di sekolah, di mana anak-anak kita menghabiskan sebagian besar waktunya, kita tidak memiliki program untuk menumbuhkan budaya membaca. Ini berarti guru tidak membaca.
  4. Dari lebih dari 250.000 sekolah di Indonesia hanya 5% yang memiliki perpustakaan. Ini juga berarti siswa tidak membaca.

Hasil Studi & Penilaian Internasional

  1. Hasil studi Vincent Greannary yang dikutip World Bank dalam sebuah Laporan Pendidikan “Education in Indonesia From Crisis to Recovery“ tahun 1998, menunjukkan kemampuan membaca siswa kelas VI SD di Indonesia hanya 51,7. Jauh dibandingkan dengan Hongkong (75,5), Singapura (74,0), Thailand (65,1) dan Filipina (52,6). Hasil studi ini membuktikan bahwa membaca belummenjadi program yang integral dengan kurikulum sekolah, apalagi menjadi budaya.
  2. Laporan UNDP tahun 2003 yang menyatakan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index-HDI) berdasarkan angka buta aksara posisi Indonesia berada pada urutan 112 dari 174 negara. Posisi ini berada di bawah Vietnam (urutan ke 109) yang baru keluar dari konflik yang berkepanjangan.
  3. Hasil penelitian PISA (Programme International Student Assesment) Hasil PISA tahun 2009 menempatkan siswa Indonesia pada posisi 48 dari 56 negara di duniadengan skor rata-rata 393. Kemampuan siswa dalam membaca ada di nomor 57 dari 65 negara dunia, skor rata-rata 402 dari rerata internasional 500. Hasil PISA tahun 2012 menempatkan siswa Indonesia pada posisi 64 dari 65 negara. Padahal Vietnam justru masuk pada posisi 20 besar. Penelitian kemampuan siswa dalam membaca ada di nomor 57 dari 65 negara dunia, skor rata-rata 396 sedangkan rerata internasional 496.

Membaca proposal beliau mengasyikkan karena penuh dengan data, namun sekaligus menyayat hati karena betapa tertinggalnya kita dalam dunia literasi. Padahal membaca adalah jantungnya pendidikan. Semoga disampaikan usia hingga kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan tanggal 23-24 Mei 2014. Amin.

 

2 comments on “Segera Diluncurkan: Gerakan Literasi Sekolah

  1. fadliani
    16 Maret 2016

    Karya tulis yg diharapkan untuk kami kirim diharapkan dalam bentuk bagaimana..?

    • Panji Irfan
      6 April 2016

      Fadliani yang baik, tidak perlu hingga menulis KTI dahulu. Kita perlu lebih banyak baca kemudian menulis🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: