Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Testimoni Lomba Mading BOS Kalteng 2013

Kabar gembira dari Bapak Rudy Hilkya (guru blogger dari Palangka Raya). Beliau memberi tahu bahwa ada lomba mading tentang dana BOS yang akan diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Provinsi Kalteng yang diperingati setiap Tanggal 23 Mei.

Lomba mading adalah hal baru bagi kami dan barangkali yang pertama kali diselenggarakan. Penggagas lomba ini adalah OGI (Open Government Indonesia) sebuah gerakan yang bertujuan untuk menyelenggarakan pemerintahan yang lebih terbuka, transparan, dan berinisiatif. Silakan mampir ke laman facebooknya untuk mengenal lebih jauh.

Poster, persyaratan dan juga FAQ (Frequently Asked & Question) yang telah lengkap mengindikasikan keseriusan panitia lomba ini. Jujur saja, selama ini setiap ada kegiatan kompetisi atau lomba untuk siswa biasanya dilaksanakan secara spontan. Masalah demografi dan transporasi adalah alasan untuk berbaik sangka pada kurang matangnya setiap kegiatan yang senantiasa diikuti tersebut.

Informasi rinci kegiatan lomba ini pun dapat terus diikuti dengan mengunjungi situs kaltengsiap.web.id, kepenaasaran dan rasa kagum saya terhadap keseriusan panitia akhirnya terjawab ketika melihat nama dan nomor kontak panitia yang bisa ditanyai. Disana tertera nama Agus Rachmanto. Sebentar, ingatan saya terbetot pada kegiatan Indonesia Mengajar yang digagas Bapak Anies Baswedan. Tak perlu lama, saya pun mengontak beliau dan benar rupanya. Pak Agus Rachmanto ini adalah salah satu narasumber yang memaparkan asyiknya petualangan ketika mengajar di pelosok di Indonesia (di kisaran Aceh kalau tidak salah, he..) pada acara Tendang Andy atau Kick Andy. Beliau pun mengaku sambil merendah, “Sudah lama itu, he..”

Saya pun menghidangkan beberapa pertanyaan dan menyantap jawaban beliau berdasarkan ilustrasi di bawah ini.

1. Apakah lomba ini diselenggarakan di seluruh provinsi? Tidak semua provinsi, hanya provinsi yang bekerja sama saja.

2. Mengapa dilaksanakan di Kalteng? Karena Gubernur dan pemerintahan Kalteng merespon baik ajakan untuk bekerja sama mengenai pemerintahan yang lebih terbuka, transparan, dan berinisiatif.

3. Apakah dunia pendidikan (dana BOS) saja yang akan ditelaah? Tidak, ini hanya langkah awal untuk program kerja sama lainnya.

Fokus pun beralih pada modal sekolah untuk ikut berpartisipasi. Sekolah melaksanakan ekstrakurikuler jurnalistik, sekolah memanfaatkan dana BOS secara transparan dan sesuai Buku Juknis per tahunnya, sekolah melabeli aset pembelian dana bos. Nah, modal yang cukup.

Bekerja SelasaBekerja Selasa 2Bekerja KamisBekerja Rabu

Tim jurnalis pun bekerja setiap hari, menyusun mading dana bos di sekolah yang berbarengan dengan UN (22-25 April 2015). Kami hanya memiliki waktu hingga jam 10 setiap harinya karena bis jemputan sekolahnya menjemput kakak kelas pada pukul tersebut. Kami tidak bisa mengerjakan di rumah karena lokasi rumah yang berjauhan. Apalagi pada hari Senin ketua tim tidak bisa datang. Namun itu adalah hal biasa, tidak seperti perasaan anak-anak yang senang namanya terdaftar sebagai peserta resmi lomba mading.

Kami tetap bersemangat dan bahagia karena mading buatan kami selesai, meski kami tahu, jumlah teman di sekolah (236 siswa dan hanya setengahnya yang terjangkau internet) tak akan mencapai jumlah like yang banyak seperti yang diinginkan panitia. Kami sudah mendapat jempol sebenarnya dari Bapak Ibu guru dan teman di sekolah.

Terima kasih Pak Rudy, terima kasih Pak Agus, terima kasih Pak Teras Narang, terima kasih OGI!😀

Tim Jurnalis SMP Tunas Agro

3 comments on “Testimoni Lomba Mading BOS Kalteng 2013

  1. Agus Rachmanto
    11 Juni 2013

    wah, terima kasih🙂 sukses selalu

  2. Ping-balik: Kompetisi Mading Kalteng 2013 • Guraru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 5 Mei 2013 by in Helo Borneo, Kegiatan Sekolah, Kronik, Pendidikan, Testimonium and tagged , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: