Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Sentuhan Kecil dalam Mengoreksi Tulisan Siswa

Ada bagian pada buku Pokoknya Menulis karangan A. Chaedar Alwasilah yang membahas mengenai dosa besar guru. Ini bagian buku saya suka karena seperti ditujukan pada saya langsung. Bagian dari buku ini yang saya sepakati adalah ketika guru mengatakan sesuatu yang tidak diperbuatnya. “Guru menganjurkan pada murid agar rajin membaca, disiplin, rajin belajar, dan hal-hal baik lainnya,” namun itu akan menjadi dosa ketika guru tidak berupaya sama seperti muridnya. Dalam agama saya pun demikian, kemurkaan besar dari Tuhan untuk setiap manusia yang tidak mengerjakan apa yang dikatakannya. Sudah, sudah. Saya dalam masalah besar dan akan semakin besar jika saya tidak berubah.

 

Saya melakukan sebuah sentuhan kecil dan biasa untuk guru-guru yang sudah lebih maju. Sentuhan itu adalah memberikan stiker untuk tugas siswa yang nilainya sudah mencapai KKM dan tertinggi. Untuk yang perempuan stikernya ada yang berjenis kelamin perempuan, untuk yang pria pun ada.

Harga sticker ini murah Rp. 8.000 – Rp. 12.000 per lembar yang terdiri dari lebih dari 24 pcs jadi kalau dirata-ratakan harga per satu sticker yang ditempelkan adalah Rp.  3,333. Menurut saya cukup murah dibandingkan dengan reaksi siswa yang terlihat sumringah dengan adanya hadiah kecil itu.

Jadi inilah yang sedang saya lakukan sebagai upaya tidak terjerumus dosa besar. Wajah sumringah siswa dalam menerima buku tugas yang telah saya koreksi dan komentari adalah bonus. Pemahaman dan manfaat dari ilmu yang diterima adalah rezeki dari Tuhan. Doakan dan maafkan kami para guru ya nak.

6 comments on “Sentuhan Kecil dalam Mengoreksi Tulisan Siswa

  1. Eka
    29 Januari 2013

    Kalo saya malah cuma gambar Mr.Smile plus kata-kata pujian di assignment mereka. Tapi alhamdulillah mereka jadi bersemangat. Untuk keseluruhan proses pembelajaran, mereka mengumpulkan stiker yg bisa ditukar dgn hadiah jika poinnya sudah cukup.

    How I really miss teaching… >_<

  2. deceng
    3 Desember 2012

    bagus sekali, ingat pengalaman yang sama dengan anak pertama saya saat bersekolah di negeri bule; hal seperti inilah yang membuatnya bersemangat sekolah dan mempelajari English🙂

    • Panji Irfan
      4 Desember 2012

      Semoga bisa konsisten. Nuhun silaturahmina kang Bambang🙂

  3. Panji Irfan
    18 November 2012

    Amin, semoga bisa sesuai dengan harapan kita. Terima kasih ibu dukungan dan nasihatnya.

  4. naniknara
    11 Oktober 2012

    itu bisa jadi penyemangat buat anak-anaknya

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 27 September 2012 by in Bahan Belajar, Pendidikan, Ruang Kelas and tagged , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

