Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Konsep Cerita Bersambung pada Power Point (Trik untuk UN)

Sudah dipastikan bahwa kegiatan UN untuk siswa kelas IX SMP akan dimulai pada tanggal 23 April 2012.  Sejauh ini perdebatan mengenai UN muncul sebagai topik yang tidak pernah mereda dari tahun ke tahun. Saya tidak memiliki kapasitas untuk mengubah kebijakan UN agar ditiadakan atau dilanggengkan, saya pun bukan pengurus inti kegiatan organisasi keguruan yang berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah.

Dari tempat kejauhan dan pelosok ini, saya belajar dari beberapa murid saya yang menempuh jarak 1,5 jam menaklukan jalan tanah menuju ke sekolah. Pergi ke sekolah dengan kantuk yang masih menggantung-gantung di kelopak mata, pulang ke rumah kala senja dengan keletihan yang berpendar dari tiap sendi.

Konsep yang ditawarkan pada UN sebenarnya sangatlah sederhana. Untuk pelajaran bahasa Indonesia telah disiapkan 50 soal dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang berfungsi pula sebagai kisi-kisi soal. Bagi siswa-siswa yang gandrung membaca bermacam teks, hal ini tentu bukan masalah. Namun, rupanya siswa kami banyak yang belum akrab dengan kegiatan membaca dikarenakan minimnya buku menarik yang tersedia di rumah atau sekolah (bahkan tidak ada yang menjual buku bacaan hingga radius 100 km dari sekolah), kurangnya keteladanan dari rumah, dan guru pengampu. Saya sangat bertanggung jawab dengan alasan terakhir ini. Saya telah berjanji kepada siswa untuk membeli buku setiap bulan dan mengulasnya dalam blog.

Kembali lagi ke topik tulisan. Bagaimanapun penolakan para guru terhadap UN, jika tidak dipersiapkan sebaik-baiknya, maka siswalah yang akan menanggung risiko yang paling besar. Siswa tetap akan soal-soal UN sekeras apapun penolakannya. Maka, kami di sekolah melaksanakan tiga kegiatan utama untuk menyiapkan siswa dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi UN.

1.  Kegiatan jam tambahan belajar UN (Senin-Kamis/14:00-16.00). Kegiatan ini telah dimulai dari bulan November 2011.

2.  Kegiatan try out bulanan siswa untuk mengukur setiap kemajuan siswa terhadap materi yang telah diajarkan.

3.  Kegiatan home visit untuk menyamakan semangat dan menjalin komunikasi yang baik demi kemajuan siswa.

Apakah yang saya upayakan dalam membuat siswa lebih berhasil?  Saya telah membuat modul yang berisi lebih dari lima soal untuk setiap SKL yang diujikan.

 

Kemudian saya membuat variasi dalam mengerjakan soal yaitu dengan membuat presentasi berupa story board petualangan Cici (kelinci) dan Ongki (monyet) dalam berlayar mencari harta karun. Tersedia 13 pulau utama dengan 3 pulau rahasia yang memuat SKL soal UN. Setiap pulau yang disinggahi akan menampilkan kata mutiara, sedangkan setiap tantangan pada pulau akan menampilkan SKL soal.

  

Trik ini sebenarnya adalah upaya pengalihan rasa bosan siswa terhadap kegiatan latihan soal yang berulang-ulang. Harapan saya sebagai guru adalah siswa merasakan pengalaman baru dalam memahami SKL dan latihan soal yang telah disiapkan. Untuk mengunduh klik di sini (format lama, ada beberapa link yang gagal), untuk yang direvisi saya akan kirim via pos untuk yang berminat karena kesulitan mengunggah di tempat ini.

 

 

5 comments on “Konsep Cerita Bersambung pada Power Point (Trik untuk UN)

  1. Nur Irfai
    4 September 2015

    Hahaha ingat”!

  2. naniknara
    20 Maret 2012

    semakin banyak guru yang kreatif dam memperhatikan siswa sebagai individu, akan menumbuhkan semangat siswa untuk siap menghadapi UN. Home visitnya patut ditiru, untuk menjalin hubungan yang semakin baik dengan orang tua siswa

    • Panji Irfan
      20 Maret 2012

      Terima kasih kunjungannya. Saya sedang belajar untuk jadi guru yang tidak buruk. He.. Home visitnya telah dilaksanakan lagi kemarin. Mudah-mudahan beberapa hari ke depan dapat dituliskan.

  3. pelancongnekad
    17 Maret 2012

    UN emang momok yang paling mengerikan bagi siswa, apalagi yang mau lulus SMA..jadi ingat waktu UN dulu. temen saya aja sampe nangis gara2 lembar jawabannya sobek, soalnya kan takut ga kebaca komputer, dan itu adalah alamat ga lulus..hehehe

    • Panji Irfan
      20 Maret 2012

      Betul mas menakutkan, he.. Padahal belajar yang menyenangkan pasti akan lebih bermakna. Mudah-mudahan hal-hal yang menakuti siswa seperti ini dapat berkurang.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: