Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Aplikasi Presentasi Baru: Prezi!

Sesuatu yang baru untuk membuat kelas lebih bertenaga selalu layak dicoba. Barangkali itulah semangat yang terbenih ketika diperkenalkan dengan aplikasi presentasi baru bernama Prezi.

Pengalaman mengikuti konferensi guru nasional yang diselenggarakan Sampoerna School of Education seminggu lalulah yang membuat saya berkesempatan mengenal Prezi. Karena aplikasi ini tidak bersifat freeware, maka saya hanya bisa berkenalan lebih lanjut dengan berseluncur mencari kelebihan aplikasi ini tinimbang aplikasi yang lebih ramai dikenal seperti Open Office Presentation, Microsoft Power Point, atau Apple Keynote.

Setelah menghampiri situs resmi Prezi, saya berkesempatan untuk melihat beberapa contoh presentasi yang telah dibuat. Jujur saya cukup terkesima dengan kemampuan aplikasi ini untuk memfasilitasi putaran-putaran khas untuk melakukan zoom in secara berkesinambungan hingga ke titik yang paling kecil sekalipun! Wow, canggih juga aplikasi ini. Jika kita telah akrab dengan tiga aplikasi yang dituliskan tadi, maka bersiaplah untuk mengubah paradigma kita terhadap mekanisme aplikasi presentasi yang biasanya berjajar vertikal karena dengan Prezi sebuah halaman telah cukup untuk merampungkan keseluruhan presentasi hingga tuntas, hal ini sesuai dengan motto Prezi, The Zooming Presentation.

Apakah saya lantas akan bersegera menggunakan aplikasi ini untuk menambah variasi menu pembelajaran bagi siswa?🙂 belum segera sepertinya. Aplikasi ini terang saja tidak gratis, kita sebenarnya bisa saja mengunduh versi ujicobanya dengan menginstal terlebih dahulu program pendukungnya yaitu Adobe Air. Jadi jika ditotal-total, ukuran file yang akan diunduh untuk menginstal aplikasi ini hingga berjalan lancar, lumayan berat (ukuran rincinya saya lupa, he..). Di lokasi dengan bandwith koneksi yang jauh dari kesan bugarnya atlet di usia emas, maka saya putuskan untuk fokus pada yang bisa saya lakukan dahulu. Jangankan untuk mengunduh data besar itu, menyetel postingan ini pun tak bisa dilakukan karena menu di wordpress ini tiba-tiba tampil dengan versi sederhananya🙂.

Oh, ya jangan lupa untuk membaca persepsi ahli-ahli presentasi mengenai Prezi. Search dengan keyword Prezi di google akan membantu.

7 comments on “Aplikasi Presentasi Baru: Prezi!

  1. rani
    5 Desember 2012

    yupp, sama bang…
    aku udah 1 taun pake prezi, lebih fresh kata ku d banding media
    presentasi lainnya hihihihi

  2. Angah Zee
    14 Oktober 2012

    Anton Wijaya
    Untuk yang pertama mao instal harus reg,,,dulu di situs resminya ya Pake Fb or Email juga bisa,,,usahakan anda senantiasa terkoneksi dg Internet

    • Panji Irfan
      18 November 2012

      Wah terima kasih kawan Angah Zee atas pencerahannya. Semoga kebaikannya kembali berlipat ganda.

  3. anton wijaya
    5 Mei 2012

    Saya telah membaca alkisah lumayan bagus, ada satu pertanyaan saya kenapa di install prezi di laptop saya tidak bisa selalu bilang password salah! Bagaimana mengatasi terima kasih. Atas nama Anton Wijaya.

    • Panji Irfan
      6 Mei 2012

      Ingin sekali bisa membantu Mas Anton. Tapi jujur saya tidak punya solusi untuk Mas Anton. hiks..hiks.. Semoga ditemukan jawabannya di mbah google🙂. Maaf ya..

Tinggalkan Balasan

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

