Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Kang JJ di dalam Kelas

Beliau dirampok Afghanistan, menikmati jalan tertinggi di dunia (Baralachla), ditodong AK-47 di Myanmar, kembara di belantara pekat Bhutan, menyisir desir gurun pasir Mesir, manikmati malam romantis di Paris, menikung di tapal kuda Alpen, hingga berkelahi dengan pemuda mabuk di Moskow yang mencoba merampas barangnya. Semua hal itu dialami ketika beliau hendak mengelilingi dunia (Asia, Afrika, dan Eropa), tentu saja bagi para pahlawan sejati rintangan serupa itu tak akan membuat perjalanan berhenti.

   

Kisah Jeffrey Polnaja yang akrab disapa Kang JJ (Jurig Jalanan (bahasa Sunda)) mengelilingi dunia telah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Orang yang tersentuh hatinya adalah orang-orang di 3 benua (Asia, Eropa, dan Afrika), 72 negara, dan 3.8095 kota. Perjalanan beliau diliput oleh banyak media nasional dan internasional. Kisaran pertanyaan dasar yang diajukan oleh semua orang yang bertemu dengannya adalah “Atas dasar apa Kang JJ mengelilingi dunia dengan motor seorang diri?” Rupanya beliau mengelilingi dunia dengan tujuan perdamaian, beliau bermimpi Indonesia dikenal sebagai negara yang indah dan cinta damai.

 
120.000 km dan 30.000 foto telah ditempuh dan diabadikan dalam waktu 2 tahun 7 bulan. Pengalaman berharga tersebut diabadikan Jeffrey Polnaja dalam buku yang berjudul Wind Rider. Kisah lengkap beliau tentu sudah banyak yang menuliskan apalagi dengan kehadiran bukunya sehingga bukan hal yang asing lagi, namun bagi kami yang hal ini berita cukup baru😀 (kasihan ya). Hal baru lagi adalah kemungkinan kisah beliau yang dapat menjadi isi materi pembelajaran bahasa Indonesia, materi tersebut berjudul “menganalisis laporan”. Bagaimanakah pembelajaran akan berlangsung? Buku Wind Rider yang berisi gaya tuturan antara laporan perjalanan dan novel akan menjadi buku panduan untuk kami semua analisis. Apa saja yang dianalisis? Hikmah laporan, penggunaan bahasa, kelengkapan laporan, kerincian laporan, sampai suguhan datanya (semoga bukunya belum habis :)).

Kami semua berharap semangat, keteladanan, kerja keras, dan kebaikan Kang JJ dapat menderu dan menghangatkan ruang kelas kami. Kami mendoakan agar rencana perjalanan mengelilingi dunia (Benua Amerika dan Australia) yang kedua pada tahun 2012 berjalan dengan baik. Terima kasih Kang telah menjadi pahlawan bagi kami!

sumber foto: ayipbali.com, rideforpeace.net, tempointeraktif.com.

2 comments on “Kang JJ di dalam Kelas

  1. S. Wijaya
    29 September 2011

    saya setuju 100 persen pendapatnya tentang buku kang JJ ini, satu kata… INSPIRING !
    membaca bukunya seperti mendapat banyak pelajaran tentang hidup, dibaca ‘ringan’ tapi meninggalkan jejak yang dalam di hati. Kita doakan kang JJ diberi kesehatan dan keselamatn dalam melanjutkan misi2 selanjutnya, Amin! dan… kembali berbagi ilmu hati kepada kita para pembaca…. Peace !

    • Panji Irfan
      29 September 2011

      Amin semoga beliau diberi kelancaran dalam menjalankan misi keliling Australia dan Asianya. Terima kasih Pak Wijaya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 Agustus 2011 by in Bahan Belajar, Buku, Pendidikan, Ruang Kelas, Testimonium and tagged , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: