Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Memanfaatkan Encarta 09 Pada Pembelajaran Drama

Microsoft Encarta adalah program yang bersifat ensiklopedia. Nah, Ini dia pengertian ensiklopedia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia; Buku (atau serangkaian buku) yg menghimpun keterangan atau uraian tt berbagai hal dl bidang seni dan ilmu pengetahuan, yg disusun menurut abjad atau menurut lingkungan ilmu. Pemanfaatan aplikasi ini adalah bisa bersifat kajian teori untuk referensi pembelajaran atau dapat juga dimanfaatkan koleksi gambar yang cukup lengkap yang mendukung materi pembelajaran. Tentu saja karena ini adalah sebuah ensiklopedia maka sebenarnya bukan hanya pembelajaran bahasa yang bisa terbantu, namun mata pelajaran lainnya pun dapat terfasilitasi. Seperti yang pernah saya lakukan ketika menjadi guru piket untuk pelajaran Biologi dan IPS.

Di jenjang pendidikan SMP dan SMA ada banyak materi mengenai drama. Terlepas dari pertimbangan bahwa sastra seyogianya terpisah dari pembelajaran bahasa Indonesia. Saya hanya akan menulis pengalaman saya yang sedang belajar menjadi guru bahasa Indonesia yang baik. Khusus untuk materi pelajaran drama, maka saya mulai mengetik kata “drama” pada kolom pencarian di aplikasi ini. Setelah muncul beberapa pilihan yang muncul saya lantas mengklik pilihan laman paling atas lalu muncullah menu baru (gambar dibawah).

Selanjutnya kita baru akan merasakan kekuatan aplikasi ini dengan kemampuannya menampilkan objek gambar tiga dimensi yang dilengkapi dengan menu interaktif. Fitur ini dinamai dengan “take a tour” (sayangnya fitur ini tidak terdapat pada semua laman). Berikut ini adalah gambar tiga dimensi yang muncul ketika saya mengklik “take a tour” pada laman drama.

 

Siswa yang selama ini mengetahui unsur pementasan seperti seksi dekorasi, seksi tata rias, seksi busana, dll. dari gambar dua dimensi pada buku, lumayan bertambah kenyamanan inderanya dengan melihat dan mendengar sekaligus. Siswa dapat menyimak persiapan dan pelaksanaan yang sangat serius dalam pementasan drama, rasanya dengan persiapan dan pelaksanaan paripurna seperti ini konser musik semalam suntuk di desa gulita kami itu dapat disaingi massanya (entah kapan terlaksana).

Pemanfaatan Encarta Encyclopedia ini tentu dapat dinikmari oleh peserta didik jika tersedia pula fasilitas komputer, proyektor, dan speaker. Tentu pemanfaatan ini adalah sebagai alternatif jika kita kekurangan media belajar pada materi drama. Situasi ideal tentu saja jika di sekolah telah ada ekskul kesusastraan, atau di lingkungan sekolah/kota terdapat gedung pementasan drama berkala. Semoga siswa tak kecewa dengan panggantian serupa ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14 Agustus 2011 by in Drama, Media Belajar, Pendidikan, Ruang Kelas, Sastra and tagged , , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: