Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Buku Mencintai Rasulullah karya Nurdin Damla & Osman Turhan

Alhamdulillah. Puji dan syukur milik Allah. Di bulan Ramadhan ini ada sebuah buku yang bisa dibaca berjudul Mencintai Rasulullah (365 Hari Bersama Nabi Muhammad saw). Buku tersebut akhirnya menjadi buku pemandu saya ketika memberikan materi mengenai sejarah Nabi Muhammad saw. Alhamdulillah buku tersebut meluruskan pemahaman-pemahaman yang berserakan mengenai sejarah Nabi Muhammad. Buku karya duet penulis dan ilustrator asal Turki tersebut disusun secara runtun sesuai kronologis waktu dan kegiatan membacanya telah disusun agar dapat dibaca harian oleh orang tua untuk anak-anak.

Pada bagian awal buku ini, saya lumayan terhenyak dengan fakta bahwa pada usianya yang ke dua belas Rasul yang yatim piatu dan tak berkakek tersebut melakukan perjalanan panjang untuk menemani pamanda Abu Thalib berniaga dari Mekah ke Syam (Suriah, Lebanon, Paletina). Saya kurang tahu satuan jarak dalam kilometernya namun diilustrasikan di buku tersebut bahwa diperlukan tiga bulan menggunakan unta untuk menempuh Busra (Kota terdekat dari Syam). Deskripsi rinci “tiga bulan” bagi saya adalah hal baru dan lumayan memberikan pengalaman penting dan pemahaman saya dipermudah dengan adanya peta mengenai daerah-daerah yang diceritakan, lengkap dengan nama daerah tersebut di zaman dahulu dan nama sekarangnya. Ilmu yang membantu saya selanjutnya adalah mengenai kepergian Rasul, Ummu Aiman (pengasuhnya), dan Ibunda Nabi Siti Aminah ke Yastrib. Nah, di Yasrib (Madinah) ini Rasul kerap bermain dengan paman yang masih berusia relatif sama dengan beliau bernama Abbas. Di Yasrib inilah Rasul memainkan olahraga berenang, berkuda, dan memanah🙂.

Hasil bacaan saya selanjutnya dipindahkan ke slide power point yang akan disiapkan untuk sesi materi pada kegiatan pesantren kilat dengan tambahan beberapa ilustrasi dari buku tersebut. Saya memutuskan untuk menyampaikan kisah Rasul ini hingga beliau menerima wahyu di Gua Hira. Di buku ini itu berarti baru sampai di hari ke-50 (dari 365 hari) atau halaman 66. Pertimbangan waktu menyebabkan materi tersebut dibatasi hingga turunnya Surat Al-Alaq 1-5 tersebut. Terngiang-ngiang kata “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu.” Benar-benar terasa kontekstual dengan keadaan saya yang selalu disergap rasa malas dan takut.

 

Duet penulis Nurdan Damla dan Osman Turhan membuat pembaca mudah memasuki lembaran sejarah demi sejarah yang luar biasa dari Rasul. Saya pribadi benar-benar terhibur dan terinspirasi oleh permainan warna, garis, dan ilustrasi dari Osman Turhan. Rupanya beliau adalah seorang profesional dalam dunia ilustrasi. Hal ini tergambar dari pengelolaan dan dokumentasi karya pada website-nya. Akhirnya saya merasa bersyukur karena telah membaca buku tersebut dan kini buku tersebut sering hinggap di rak perpustakaan ruang bahasa Indonesia memfasilitasi siswa yang tertarik membaca secara langsung🙂.

8 comments on “Buku Mencintai Rasulullah karya Nurdin Damla & Osman Turhan

  1. imro
    12 Januari 2016

    Saya pingin beli buku tersebut tapi sudah gak ada di mana2, apakah ada referensi untuk pembelian? Bekas pun tidak apa2
    Terima kasih

    • Panji Irfan
      19 Januari 2016

      Sayang sekali Imro. Kawan saya yang bekerja di Gramedia pun belum memberi kabar cetak ulang buku tersebut😦

    • Panji Irfan
      16 Maret 2016

      Masih belum ada kabar Imro. Mohon maaf

  2. Ratih
    22 April 2015

    Assalamu’alaikum wr wb..maaf menganggu sebelumnya..kak,boleh pinjem buku ni nya? atw boleh di screen capture isi bukunya? soalnya saya cari2 beli di gramedia bandung sama di toko2 buku palasari ga da..susah! saya perlu untuk bahan kajian tugas akhir/skripsi saya soalnya saya baca2 artikel bnyk yang bilang buku ini bagus dan cocok untuk anak-anak..saya sudah bingung nyari buku itu kmn lg. mohon di balas terima kasih

  3. Artha
    16 Oktober 2014

    maaf mengganggu dan mau merepotkan. di Surabaya udh habis smua stock nya. browsing2 jg toko buku online pd g stock. bisa bantu kira2 dmn yg masih ready bukunya? terima kasih byk.

    • Panji Irfan
      27 Januari 2015

      Maaf baru mengabari, saya juga sudah kontak teman yang kerja di toko buku besar semisal gramedia, namun memang belum cetak ulang. Sepertinya harus mencari di toko buku alternatif. Mohon maaf belum bisa membantu, terima kasih silaturahminya🙂

  4. vina
    13 Februari 2013

    Jumat kemrin saya beli online dr gramedia untuk buku itu, tapi baru dapat kabar hari ini kalo ternyata buku nya habis stok..
    cari dimana lagi ya kira2

    • Panji Irfan
      14 Februari 2013

      Mbak Vina, hubungi Gramedia cabang mana? Teman saya yang kerja di Gramedia Bandung mengonfirmasi adanya buku🙂.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: