Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Menyiasati Jarak, Waktu, dan Biaya di Seruyan dengan Teknologi

Jarak dari tempat kami di Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan ke Kuala Pembuang (Ibu Kota Seruyan) tak kurang dari 280 km. Jarak tersebut jika ditempuh maka tak akan lebih cepat dari lima jam perjalanan. Namun karena kondisi jalannya kurang baik maka jarak tempuh menuju kesana bisa bertambah lagi.

Besok Saya diminta untuk datang kesana untuk mengambil dana kepanitiaan seleksi Olimpiade Olahraga Nasional tingkat kecamatan yang telah cair (kegiatannya sudah selesai dilaksanakan di semester kemarin). Saya menerawang dan berangan-angan terhadap beberapa jalan agar pengambilan dana tersebut lebih efektif. Saya merasa sayang jika harus meninggalkan sekolah selama dua hari hanya untuk mengambil dana kegiatan (meskipun beberapa siswa pasti merasa senang karena saya tak mengajar :)).

Sebenarnya tidak hanya mengenai keuangan, perihal distribusi informasi pun terkadang berlangsung dengan serba mendadak bahkan yang lebih disayangkan, informasinya tak sampai ke sekolah. Jadi banyak sekali kegiatan seminar, pelatihan, dan lomba-lomba untuk guru dan murid yang tidak diketahui. Ketika kami di sekolah mendapatkan info suatu kegiatan, aih ternyata sudah kedaluwarsa😦. Hal ini ditambah lagi dengan dikotomi terselubung sekolah swasta dan negeri yang semakin membuat sekolah tak berdaya.

Barangkali teknologi informasi komunikasi yang sedang naik daun sekarang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kedinasan. Berikut usulan saya yang awam untuk Kabupaten tercinta.

1.  Perihal keuangan, baik itu pemberian dana untuk sekolah, pemberian gaji dilakukan dengan menggunakan fasilitas e-banking. Hal ini bukanlah hal baru tentunya karena pengaliran dana BOS telah melalui mekanisme ini, dimana Kemendiknas bekerja sama dengan Pemerintah Daerah langsung memberikan dana tersebut melalui rekening sekolah. Sehingga sekolah yang terpencil sekalipun tak perlu datang ke ibu kota. Cukup mendatangi ATM terdekat yang sudah pasti lebih hemat dari segi waktu dan biaya.

Jika perlu dibuat nota kesepahaman pemda dengan BPD atau instansi lainnya. Hal inipun sudah dilakukan sebenarnya,  Kemendiknas dan pemerintah daerah telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam menyalurkan dana Inpassing sehingga kami para guru tinggal meluncur ke kantor pos yang memang lebih dekat tinimbanag harus ke Kuala Pembuang.

2. Perihal distribusi informasi dapat dilaksanakan dengan menggunakan email. Jangankan via laptop, via ponsel pun hal ini sudah dapat dilaksanakan. Apalagi ponsel-ponsel keluaran terbaru dengan aplikasi-aplikasi bertenaganya yang dapat melampirkan dokumen dengan ukuran cukup Jarak, waktu, dan biaya dapat diterabas dengan teknologi internet ini. Hal ini dapat dilaksanakan mengingat cakupan sinyal telekomunikasi yang telah mencapai banyak tempat di Kabupaten Seruyan.

Usulan ini dapat direalisasikan dengan mengadakan pelatihan di hilir untuk kepala sekolah, wakasek humas, dan guru TIK dalam memanfaatkan TIK. Di hulu tentu pula sudah ada pegawai yang dipekerjakan untuk menangani hal ini. Jika masih ada sekolah yang belum teraliri sinyal internet dan tidak ada perangkat TIK-nya, maka sekolah tersebut dapat meminta bantuan UPTD atau sekolah terdekat untuk meminjam fasilitas TIK. Saya yakin pihak sekolah tersebut lebih memilih hal tersebut (bekerja sama dengan UPTD atau sekolah terdekat) dibanding harus menempuh jarak ratusan kilometer untuk melakukan kegiatan dapat dibuat lebih efektif dan efisien.

Ah, Kalimantan begitu lapangnya. Maha Suci Tuhanku!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 27 Juli 2011 by in Helo Borneo, Media Belajar, Seruyan, Testimonium and tagged , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: