Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Hasil Uji Coba Kantin Kejujuran

Tepat seminggu lalu sekolah kami melaksanakan kantin kejujuran. Hal ini dilaksanakan karena pedagang di kantin sekolah memilih untuk  berniaga di tempat lain. Keadaan kosongnya kantin ini harus segera diantisipasi untuk sementara waktu karena tender untuk para pedagang yang berkehendak mengisi kantin baru dilaksanakan seminggu berikutnya, sedangkan para siswa telah masuk sekolah untuk mengikuti kegiatan MOS (Masa Orientasi Sekolah). Kantin kejujuran memiliki konsep siswa melayani keperluannya sendiri untuk jajan tanpa adanya pengawasan dari guru maupun warga sekolah.

  

Akhirnya kami para guru di sekolah berdiskusi untuk mengisi kantin dengan program kantin kejujuran. Para guru pun menyisihkan uang sebanyak Rp. 50.000 dan terkumpul modal awal Rp. 600.000 dari dua belas orang guru plus tenaga admin di sekolah kami. Tentu saja bukan laba orientasi program kantin sekolah ini, namun kami harus benar-benar melakukan persiapan yang baik agar siswa tetap dapat difasilitasi dengan layanan yang prima.

Setelah berunding, akhirnya kami menentukan dan menyiapkan beberapa hal diantaranya;

1. Menu makanan yang dipilih adalah yang praktis untuk disajikan (pilihan jatuh pada nasi kuning bungkus, tempe goreng, tahu isi, dan bakwan).

2. Menu minuman yang dipilih adalah aneka minuman gelas praktis.

3. Harga yang dipatok untuk setiap makanan dan minuman harus terjangkau dan tertera dalam setiap box makanan.

4. Uang kembalian harus disiapkan dengan macam pecahannya, mulai dari Rp. 500 hingga Rp. 50.000. Hal ini dilakukan karena ada beberapa anak yang uang sakunya diberikan secara mingguan.

5. Memasang garis antrean di lantai serambi kantin yang berfungsi sebagai garis antre.

Hasil pelaksanaan kantin kejujuran selama tiga hari tersebut adalah ada keuntungan sebesar Rp. 120.000. Ini berarti setiap hari kantin tersebut memiliki laba Rp. 40.000. Program kantin kejujuran tak akan dilaksanakan lagi karena telah ada pedagang kantin yang terpilih melalui mekanisme tender. Kami para guru tak tahu pasti apakah itu laba ideal atau tidak, namun kami cukup senang karena dengan kembalinya modal beserta keuntungannya, ada indikasi siswa telah menghargai dirinya dengan harga yang sangat tinggi dengan melaksanakan kejujuran. Berapa persenkah kejujurannya? Wallahu Alam, hanya Tuhan yang tahu😀. Terima kasih nak!

2 comments on “Hasil Uji Coba Kantin Kejujuran

  1. Budisastro
    23 Juli 2011

    wah padahal seandainya diteruskan juga bagus lho pak. bukan berorientasi pada keuntungan, melainkan melatih siswa untuk menghargai dirinya sendiri
    oh ya pak, saya mencoba bikin soal online di sini

    • Panji Irfan
      23 Juli 2011

      Iya bagus sebenarnya itu program tapi terus terang guru disini kewalahan pas belanja makanan dan minuman ringannya, apalagi klo hujan, he..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 22 Juli 2011 by in Kegiatan Sekolah, Kronik, Pendidikan, Testimonium and tagged .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: