Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Lokal Mengglobal ala Devendra Banhart

Adik saya (angkatan 2004) belum menyelesaikan kuliah akuntansinya, dan sekarang adalah tahun terakhir perkuliahan sebelum dipecat oleh kampusnya. Nasihat dan motivasi yang diberikan semua orang untuk cepat-cepat menyelesaikan kuliah sepertinya belum maksimal. Rupanya di usia dewasa motivasi dari dalam diri sendiri adalah yang utama.

Meski terlambat menyelesaikan kuliah, info mengenai musik darinya selalu aktual (barangkali karena kesukaan utamanya ada pada musik bukan akuntansi) dan akhirnya saya pun mengenal Devendra Banhart.

Jujur saya tak langsung suka dengan musik yang ditawarkan oleh Devendra, barangkali karena sesuatu yang berbau asing perlu ditelan lebih lama. Saya menyaksikan tiga video musiknya dari youtube (Alhamdulillah warnet-warnetnya menyediakan kecepatan yang lumyan untuk mengunduh). Namun yang membuat saya tercenung adalah kecintaannya pada budaya tempat ia dibesarkan di Negara Venezuela, padahal ia adalah seorang warga negara Amerika. Jadi, bahasa latin dengan gaya kreatif, lucu, dan unik adalah medium utama lagu-lagunya. Riuh penonton terdengar di video musiknya yang penuh gaya jenaka meski saya yakin para penonton tak semuanya mengerti.

Musiknya tentu tak sekomersil remaja asal Kanada Justin Bieber atau atau boy band  dan girl band dari Korea. Kecakapan beliau adalah nilai-nilai lokal yang dilestarikan dengan upaya-upaya luar biasa (Natalie Portman peraih penghargaan artis terbaik perempuan Academmy Awards 2011 pun kepincut dengan lelaki unik ini). Harapan saya adalah remaja-remaja Indonesia dapat mengeluarkan kreativitasnya tanpa melupakan jati dirinya🙂. Terima kasih teladannya Devendra Barnhat!

2 comments on “Lokal Mengglobal ala Devendra Banhart

  1. Marchei Riendra
    8 Juli 2011

    Saya juga baru denger Devendra Banhart. Kalo di Indonesia mungkin seperti Mocca atau Elfa’s Singer ya. di Indonesia biasa aja, di luar negeri terkenal banget. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 8 Juli 2011 by in Bahan Belajar, Musik, Testimonium and tagged , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: