Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Cendera Mata untuk Ananda

Kami tak memiliki apapun untuk melepas kepergian kelas IX. Tidak seperti beberapa sekolah lainnya yang dapat mengadakan kegiatan perpisahan dengan melancong ke tempat wisata. Sekolah kami yang terletak jauh dari ibu kota kabupaten tentu saja menyimpan banyak hikmah.

Sudah tiga angkatan yang sekolah baru ini luluskan, jadi untuk perayaan kelulusan kita terbiasa melaksanakan kegiatan perkemahan yang dirangkai dengan perpisahan kelas IX. Kegiatan perkemahan sesederhana pun selalu mendapat tempat di hati siswa, apalagi jika pada malam harinya ditampilkan video kegiatan sekolah selama setahun, pementasan dramakelas IX dan pergelaran kreasi seni dari guru dan seluruh grup pramuka.

 

Tahun ini ada upaya baru yang ingin diberikan untuk kakak-kakak kelas dari adik kelasnya yang tergabung dalam ektrakurikuler jurnalistik. Sesuatu tersebut adalah majalah tahunan sekolah. Tentu yang dibuat siswa jauh dari kegelimangan warna dan aneka ilustrasi di dalamnya, namun hal tersebut tetap tak dapat mengubur ketulusan kerja ekskul jurnalistik untuk sekolah. Majalah yang akan kami buat tak dapat dicetak secara prosedural karena keterbatasan biaya. Tarif mencetak dokumen di tempat kami sangat mahal dengan kesepakatan minimal mencetak tiga rim kertas dan untuk halaman berwarna maka harga makin melambung. “Tak apa hitam putih saja, kita bisa pakai mesin fotocopy untuk mencetak halamannya,” hibur saya. Ah, anak-anak memang sudah bekerja keras untuk menyelesaikan majalah ini.

 

Proses pengerjaan majalah ini memerlukan waktu sebanyak tiga bulan dengan menggunakan aplikasi sederhana seperti Ms Word dan Ms Publisher. Semua tulisan dalam majalah ini dihimpun sebagian besar oleh para siswa, jadi tugas guru hanya merapikannya (sekira 80%)🙂. Banyak peristiwa lucu ketika menyusun majalah ini, salah satunya adalah masalah motivasi menulis yang kembang kempis antaranggota, masalah keterbatasan sarana, dan terlalu banyak libur sekolah (waktu untuk kami berkumpul hanya seminggu sekali). Baiklah nak, terima kasih atas kerja kerasnya, kini giliran Bapak yang merampungkannya😀.

2 comments on “Cendera Mata untuk Ananda

  1. mira
    8 Juni 2011

    bisa saya bantu, pak? hehehe

    • panjiirfan
      8 Juni 2011

      Bisa bu, tolong didoakan ya anak-anak yang sudah bekerja untuk majalan diterima amal kebaikannya😀, juga untuk yang baca ;D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 7 Juni 2011 by in Buku, Kegiatan Sekolah, Kronik, Media Belajar, Pendidikan and tagged , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: