Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Kelikat Rihat

Tak semua orang dapat digelari “Sir” oleh Kerajaan Inggris. Pemilik gelar ini yang masyhur diantaranya adalah Sir Alex Ferguson pelatih klub Inggris tersukses dan tersetia. Puluhan gelar sudah ia persembahkan untuk rakyat Inggris, khususnya fans MU. Hal istimewa lainnya adalah kebesaran jiwa beliau yang menerima kekalahan timnya untuk kedua kalinya dari tim yang sama. Kekalahan ini disikapi dengan positif dengan rencana-rencana pembaharuan pada tim.

Akhir semester. Para guru SMP sedang menikmati rihat (istirahat) karena jadwal mengajar telah sampai pada bagian akhir materi atau bahkan telah tuntas. Rihat? ya, rihat sebagai kata yang lebih baku daripada rehat. Tulisan ini bukan ingin melihat kesalahpahaman sebagai ancaman, justru peluang untuk bangkit seperti yang dicontohkan Sir Alex. Kelikat menyimpan makna sifat; tabiat. Nah jadi tulisan ini mengajak penulis bersyukur atas lapangnya waktu untuk melakukan persiapan baru menyambut musim depan, semester depan. Bukankah dalam hadits tertulis nikmat yang sering dilupakan manusia adalah waktu luang dan kesehatan? Hati-hati jangan sampai lena.ūüôā

Persiapan di semester untuk guru bau kencur, bawang bombay, dan kunyit asam seperti saya diantaranya adalah mengaktualkan KKM (kriteria ketuntasan minimal), program tahunan, program semester, menyerasikan kalender akademik dengan kalender dari masjid yang ada di rumah, mencari media baru, dan strategi belajar bersama siswa yang lebih baik. Baru tiga hal yang dapat diupayakan pada masa senggang ini, diantaranya

(1) pemanfaatan konsep¬†mind mapping¬†untuk semua materi di semester baru (hal ini sudah praktikkan oleh guru diSekolah Waldorf. Kursus dan forumnya pun sudah ada, dapat di cek di¬†Mind Map Club Indonesia.¬†Rencananya peta pikirannya akan di-print¬†dalam ukuran besar lalu ditempelkan di dinding kelas. Langkah selanjutnya adalah membeli kepingan magnet warna-warni yang biasa digunakan untuk menjepit kertas (lupa namanya,ūüėÄ he..)

  

(2) Selanjutnya adalah membeli buku¬†best seller¬†kategori anak-anak¬†di Gramedia, Toga Mas, atau Palasari (maaf bukan promosi, alasannya sederhana karena ada kawan yang bekerja di sana, siapa tahu ada diskon, hihihi… :)).

(3) Mempelajari aplikasi mouse mischief dan mempraktikkannya untuk suasana belajar yang lebih baik. Mouse mischief adalah aplikasi tambahan yang bisa dirapatkan pada microsoft power point 2007 atau 2010. Piranti tambahan ini membuat sebuah komputer mampu terhubung ke banyak tetikus (mouse) nirkabel (wireless) atau berkabel. Tentu saja penunjuk (pointer) setiap siswa dan guru akan menampilkan ikon yang berbeda dan menarik. Mouse mischief dapat diunduh di sini. Jujur, cara memanfaatkan hal ini belum bisa saya kuasai, terutama pada bagian instalasi teknis pengaturan tetikus berjamaahnya. Jika sudah bisa ingin lekas berbagi di blog ini rasanya.

Semoga kelikat ketika memasuki masa rihat dapat dimanfaatkan dengan baik. Amin.

sumber gambar: Alex Ferguson, Waldorf, peta pikiran

4 comments on “Kelikat Rihat

  1. budies
    6 Juni 2011

    namanya juga guru bahasa, pasti lihai mengalirkan kata demi kata, lhawong rehat, eh rihat kok bisa bermuara di tetikus
    coba ikutan unduh ya pak guru

    • panjiirfan
      6 Juni 2011

      He.. saingan beringgris-inggris ria, ok pak bud.. klo sudah bisa tolong diposting pak ya? He..

  2. M Mursyid PW
    3 Juni 2011

    Manstab juga. Ikut ngunduh Mouse mischief-nya.

    • panjiirfan
      3 Juni 2011

      Pak klo bisa lebih dulu posting ya, he..ūüėÄ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 2 Juni 2011 by in Bahasa, Power Point, Ruang Kelas and tagged , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: