Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Kekuatan Kata

Kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memuat pengertian unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang digunakan dalam berbahasa. Kata yang disusun dengan berbagai pengalaman dan pertimbangannya dapat menjelma slogan, puisi, cerpen, novel, dan drama yang menginspirasi. Berikut ini adalah beberapa contohnya, slogan “Merdeka atau mati!”, puisi “Aku” Chairil Anwar, cerpen “Saksi Mata” Seno Gumira Ajidarma, novel “Laskar Pelangi”, dan drama “Romeo & Juliet”.

Kata pun dapat menyebabkan tanya pada pembacanya, berikut ini adalah contoh yang diambil dari belakang rumah. Gambar tong sampah tersebut memuat tiga kategori kata dengan warna yang berbeda-beda. Warna biru berisi kata “kaleng/botol”, warna kuning memuat kata “plastik”, warna hijau tertatah “organik”.

Dari gambar tersebut, adakah hal unik dari kata yang digunakan? Barangkali melihat gambar dengan melihat objeknya secara langsung terjadi pengalaman citra yang berbeda. Baiklah, semoga ilustrasi ini dapat membantu. Jika kita berniat menyimpan kulit pisang, kita membuka karung yang di atasnya ada kata “organik”. Bungkus plastik minum yang sudah dimanfaatkan dapat disimpan di karung bertuliskan plastik. Nah, kaleng susu kita bisa tempatkan di karung bertuliskan “kaleng”.

Lalu apa yang terjadi jika kita ingin membuang botol minuman plastik? Apakah disimpan di karung berkategori “plastik” atau “kaleng/botol”? Ternyata setelah mendapatkan penjelasan dari departemen berwenang tempat kami tinggal, botol plastik tersebut ditempatkan di karung berlabel “plastik”, jadi botol kaca masuk ke karung berkategori “kaleng/botol”. Sekedar saran, penyedia fasilitas  tempat sampah dapat menggunakan kata “kaleng/beling” pada karung berwarna biru untuk menggantikan “kaleng/botol”.

Secara linguistik, peristiwa ini memuat contoh kata  ambigu. Dalam KBBI ambigu bermakna lebih dr satu (sehingga kadang-kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan, dsb); bermakna ganda; taksa. Contoh kata ambigu lain adalah frasa lukisan Vincent Van Gogh. Frasa tersebut dapat bermakna lukisan karya Vincent Van Gogh atau lukisan dengan objek Vincent Van Gogh.

Kata dapat memperjelas hal atau memperburam hal, tampilan seperti apa yang ingin disampaikan?

Sumber foto Van Gogh

6 comments on “Kekuatan Kata

  1. Ikky21
    5 Juni 2011

    Ya, mulai mengerti maksudnya. Hehehe… Thanks🙂

    • panjiirfan
      6 Juni 2011

      Ya begitu mas Ikky. Saya juga sedang belajar🙂

  2. Ikky21
    5 Juni 2011

    Ambigu…. Hm….

    • panjiirfan
      5 Juni 2011

      am·bi·gu a bermakna lebih dr satu (sehingga kadang-kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan, dsb); bermakna ganda; taksa (KBBI) he..

  3. panjiirfan
    1 Juni 2011

    I love it juga deh, bu.. He.. What a typical situation..

  4. Pudji A Santoso
    1 Juni 2011

    I love it…thankyou…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 1 Juni 2011 by in Bahasa, Testimonium and tagged , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: