Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Selamat Ulang Tahun Kalimantan Tengah

Sebagai tamu dan orang lain, saya tak tahu sejarah di balik tanggal 23 Mei 1957 sebagai hari ulang tahun Kalimantan Tengah. Berselancar dan belum menemukan jawabannya. Namun dapat ditemukan beberapa fakta menarik pada tanggal 23 Mei ini, diantaranya yaitu:

1. 23 Mei 1568. Belanda merdeka dari Spanyol (baru tahu kalau Belanda pernah di bawah kekuasaan Spanyol).

2. 23 Mei 1699. Syekh Yusuf Tajul Khalwati meninggal di Cape Town Afrika Selatan. Syekh Yusuf adalah pahlawan nasional Indonesia yang diasingkan ke beberapa tempat oleh Belanda. Beliau yang berasal dari Sulawesi diasingkan ke Banten, lalu ke Srilangka, dan Afrika Selatan. Mantan Presiden Afsel Nelson Mandela mengatakan bahwa Syekh Yusuf adalah salah satu putra Afrika Terbaik.

3. 23 Mei 1957. Godi Suwarna seniman budaya Sunda lahir. Beliau adalah cahaya bagi siapa saja ingin mengapresiasi budaya Sunda terutama khazanah kesusastraan, di tengah gulitanya kebudayaan daerah di Indonesia. 

Saya tak punya banyak kata dan ilmu untuk mengemukakan kecintaan saya pada Kalimantan Tengah yang berlaku sangat baik terhadap kaum pendatang. Terlalu banyak hal hebat di sini, Kalteng terlihat sangat indah dari ketinggian dengan hamparan hijau di seluruh daratan disusupi lekukan sungai-sungai panjang. Namun, di beberapa titik terlihat rerimbun pohon berubah menjadi jejeran pohon yang kaku seperti karet atau sawit. Cita rasa desainnya yang melingkupi arsitektur rumah, perkakas rumah tangga, sampai perisai untuk berperang. Meski dokumentasi tekstual untuk hal ini masih terbatas. Keeksotisan bahasa dan budayanya teramat kaya (variasi bahasa yang tinggi,  belasan sub-suku Dayak, dan juga aneka tarian yang mulai langka). Rasanya mengenai alam, masyarakat dunia telah tahu bagaimana vitalnya kelestarian hutan di pulau ini. Itu belum ditambah dengan harta karun berupa flora dan fauna yang sangat endemis.

Dua tahun waktu yang teramat singkat untuk memahamimu. Ada janji terpatri untuk mencintaimu dengan rendah hati, serupa cinta seorang musafir yang penuh hormat namun tak ingin menguasai rumah sang tuan. Selamat ulang tahun Kalimantan Tengah, pulau penuh harapan.

sumber foto: Kalteng

2 comments on “Selamat Ulang Tahun Kalimantan Tengah

  1. mira
    24 Mei 2011

    ingin main lagi ke sana ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 23 Mei 2011 by in Helo Borneo, Kronik, Testimonium and tagged , , , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: