Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Boleh Jadi Kata Menjadi Hyperlink

“Jangankan puisi, berita pagi pun punya misterinya sendiri. Apa yang bisa mereka katakan dalam bacaan berita selama setengah menit. Mereka pun menyilakan kau memahaminya dari gambar-gambar bergerak. Mereka pikir, satu gambar adalah seribu kata. Padahal satu gambar pun punya beranda dalamnya sendiri yang mereka sembunyikan rapat-rapat.” (Afrizal Malna)

Salah satu dari sekian pikiran beliau tersebut menimbulkan tanggapan dalam pikiran. Tanggapan tersebut adalah bisa jadi sebuah kata pun memiliki beranda dan rahasianya sendiri. Beberapa hari kemudian seorang siswa datang ke ruang bahasa dan bertanya.

Sefin : “Pak boleh liat gambar Bobi fisher ga?

Guru: “Boleh, silakan cari sendiri ya di google.”

Sefin: “Eh Bobby Fischer ya pak, ini ditanyai begitu sama google?”

Guru : “Iya fin, he.., Sefin tahu Bobby Fischer darimana?”

Sefin: “Dari buku catur yang kemarin dibeli.”

Selanjutnya Sefin menemukan bahwa Bobby Fischer didekatkan dengan kata baru lainnya yaitu Reykjavik, ibu kota Negara Islandia. Ini adalah tempat dimana Bobby Fischer  mengalahkan juara catur Uni Soviet Boris Sapasky. Sefin menelusuri Islandia dengan kehebatan negaranya yang terisolasi namun dengan sistem pendidikan maju di dunia ini. Sefin tercenung dengan kehebatan internet dan saya tercenung bahwa sebuah kata dari sebuah buku yang dibaca dapat menjadi sebuah jalan menuju hal baru lainnya. Bagi saya kota itu mengingatkan saya pada pespakbola Eidur Gudjohnsen, grup musik Sigur Ros, dan penyanyi multitalenta Bjork. Seingat saya istri saya memiliki tanggal lahir sama dengan penyanyi terakhir ini. He… Oh, iya saya jadi ingat belum baca buku hari ini. Terima kasih Sefin!

 

2 comments on “Boleh Jadi Kata Menjadi Hyperlink

  1. mira
    9 Mei 2011

    bagi saya, kata pandeglang mengingatkan saya pada kesunyian, sampit mengingatkan saya pada kehidupan jg mengingatkan saya pd seseorang ^^

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 9 Mei 2011 by in Testimonium and tagged , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

