Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Freedom Writers, Sebuah Alternatif

“Freedom!” Begitu teriak William Wallace sekuat tenaga sebelum dipenggal Kerajaan Inggris dalam film Braveheart. Kata itu kuat menggema dan mengindikasikan bahwa kemerdekaan itu tak akan pernah bisa dirampas.

Kemerdekaan adalah  benang merah pula dalam film Freedom Writers. Hillary Swank memerankan Erin Gruwell figur nyata seorang guru di  Woodrow Wilson High School. Di film ini, diilustrasikan heterogenitas para siswa yang membuat suasana rasis tumbuh subur. Ilustrasi selanjutnya adalah lingkungan rumah yang sangat berbahaya, dimana konflik di para remaja sampai diakhiri dengan pembunuhan.

Lantas Erin Gruwell dan guru lainnya harus bekerja ekstra keras, mengelola kelas yang apatis terhadap para guru. Erin melakukan segalanya dari bekerja paruh waktu menjual pakaian dalam wanita, mengorbankan perkawinannya, dan melawan tantangan dari rekan pengajarnya sendiri.

  

Akhirnya Erin mengenalkan buku “The Diary of  Anne Frank” yang berisi kisah pilu yang dipicu dari sikap rasis, melakukan  beragam permainan, memberikan banyak hadiah, melakukan program menulis jurnal harian, melaksanakan kunjungan ke Museum Toleransi, dan mengundang Miep Gies (orang yang menampung Anne Frank ketika mengungsi). Film ini diakhiri dengan berlanjutnya program menulis jurnal, berubahnya sikap para siswa menjadi lebih positif dan ditunjuknya Erin untuk menangani kelas yunior di sekolah tersebut.

Lepas dari bau-bau propaganda Yahudi dalam film tersebut, saya hanya akan mengikuti sikap Erin Gruwell yang bekerja keras dan melaksanakan program menulis jurnal bulanan kepada siswa. Alhamdulillah, program ini telah berjalan selama setahun dan menunggu untuk dibukukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 6 Mei 2011 by in Film, Ruang Kelas and tagged , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: