Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Dijeda Dragon Zakura

Cuma menonton dan benar-benar tidak tahu silsilah teknis mengenai film ini. Siapakah sutradara? siapakah aktornya? siapakah penulis manga-nya? Yang jelas saya tersungkur dengan kegilaan guru dadakan yang asalnya pengacara bernama Sakuragi.

Sakuragi sensei yang banting stir karena masalah finansial ke dunia pendidikan, benar-benar total menjadi seorang pendidik. Ia setiap malam selalu bergadang memahami sekolah, lalu menyusun suatu program dan lesson plan agar murid-murid di sekolah “gurem” yang ia tangani dapat masuk Universitas Todai yang bergengsi. Hal ini sebetulnya sangat kontradiktif karena tekad Sakuragi diremehkan oleh para guru SMA Ryuuzan itu sendiri, bahkan para guru itu berharap agar Sakuragi gagal karena ia kerap mengecap guru-guru disana pemalas, lamban, dan tak berdedikasi (saya tersindir juga nih).

Itu anak-anak yang pemalas dihajar oleh aneka program percepatan belajar seperti : program asrama, berjam-jam belajar dan latihan soal, belajar dengan aneka guru dengan metode dan media yang luar biasa kaya dan khas. Ada teknik belajar berhitung berpasangan dengan gaya backhand pingpong, ada teknik menghafal grammar bahasa Inggris dengan senam, ada teknik menghafal bacaan dengan metode cantol, ada teknik menghafal rumus sambil jogging, dan diakhiri dengan menanam pohon sakura bersama yang menandai hari-hari perjuangan mereka.

Sakuragi dalam film ini tak pernah ganti baju! Barangkali karakter utama film ini hendak menyampaikan pesan bahwa kita guru wajib bekerja keras selarut dan senekat apapun. Dalam film ini pula saya menemukan figur-figur guru yang nyeleneh benar-benar. Memang tak semua dapat ditiru, namun film mini seri itu lumayan memberi jeda pada saya yang terlalu lamban dan banyak mengeluh.

Hmm, kapan ya sineas Indonesia meninggalkan tema sinetron seperti sekarang ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 3 April 2011 by in Film, Pendidikan and tagged , , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,515 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: