Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Lebaran di Pantai Wotgalih Lumajang

>

Jujur, Aku sendiri belum tahu apa itu perkampungan Gypsi. Aku mendengar kata-kata itu dari orang-orang. “Seperti apa ya kira-kira…? Namun, setelah mendengar cerita dan melihat kondisi faktualnya, entah kenapa Aku teringat langsung pada salah satu film yang bertema “GYPSI”.

Kesanku muncul pada saat Aku mengunjungi Pantai Wotgalih yang berada di kecamatan Yosowilangun, kabupaten Lumajang, pada beberapa tahun lalu. Awalnya, ketika hampir sampai di bibir pantai, Aku mengira tenda-tenda yang kulihat itu adalah penjual aneka makanan atau souvenir. Nyatanya, tenda-tenda tersebut didirikan oleh orang-orang yang rupanya telah berada disana sejak usai lebaran pertama pada tahun 2007 lalu. “Saya  bakal menginap di sini sampai hari minggu besok.”Ujar seorang bapak yang juga telah berada disana sejak beberapa hari usai lebaran. Sedangkan kalau menurut Bu de ku , keberadaan tenda-tenda itu hanya bersifat musiman. Setelah itu , bahkan Pantai Wotgalih akan terlihat sepi dan terlupakan sebagai sebuah bagian dari tempat wisata di Lumajang!

Para pendiri tenda ini pada umumnya adalah anak-anak remaja seusiaku yang datang berkelompok. Namun, ada juga yang datang dalam bentuk keluarga.Yang tidak kalah uniknya adalah kebanyakan tenda yang dihiasi dengan aneka tumbuhan khas pantai. Ada bagian tendanya yang ditempeli dengan tumbuhan liar yang hidup disekitar pantai. Sayangnya nie…, tidak ada perlombaan tenda tercantik dan terbaik dikawasan wisata musiman tersebut. Kalau ada waaah! Entah seperti apa lagi para pendiri tenda itu menghias tendanya sebagus mungkin.



Kalau kuamati, sebenarnya Pantai Wotgalih itu masih terhitung alami. Apalagi waktu Aku mendengar dari Bu de dan Omku yang berasal dari Lumajang asli.”Pantai Wotgalih ini Ndo’ ramainya hanya musiman saja tutur Bu deku. Pantai Wotgalih terletak di dekat sebuah muara sungai. Bahkan saat Aku jalan menapaki jalan menuju Pantai, Aku melewati sebuah jembatan tradisional yang dibuat dari anyaman bambu. Jembatan itulah yang membawa Aku, Bu de,serta Omku menyeberangi sungai kecil yang terlihat tenang di bawahnya. “Hati-hati Dek kalau nglewatin jembatan ini harus waspada” Ujar Omku “Memangnya kenapa…?” Tanyaku. Katanya sih ada buaya yang menghuni sungai ini!”Jawab Omku. Batinku, pantas saja waktu Aku akan melewati jembatan mendapati papan yang bertuliskan “Awas ada buaya. Seingatku! sudut dari pantai berpasir hitam itu adalah pemandangan yang cantik dan teduh di dekat sungai. Bahkan Aku juga melihat wujud tipis dari Gunung Semeru yang menjulang tinggi. Sungai itu mengarah ke Pantai Wotgalih dan Gunung Semeru yang menjadi latar belakangnya. Indah bukan….?

Ada juga bentangan sabana, ada tumbuhan rumput yang berbunga bola duri landak yang masih berlatar gagahnya Gunung Semeru. Pantai Wotgalih memiliki karakteristik seperti layaknya Pantai Selatan di daerah Indonesia yang berombak besar.










Hal yang paling unik dan terkenal di Lumajang adalah keberadaan “Palung Berjalan.“  Unik memang! Jika kita mendengar istilahnya, karena  menurut geografi palung yang sebenarnya adalah sebuah jurang dalam yang berada didasar lautan. Tapi, palung yang dimaksud oleh masyarakat sekitar adalah sungai dasar laut yang kerap muncul tapi sering berpindah tempat. Menurut warga sekitar, keberadaan palung tersebut baru bisa diketahui apabila ada tim SAR yang akan mengumumkan keberadaan  palung berjalan yang ajaib itu! (Wahyu Budiarti)

2 comments on “Lebaran di Pantai Wotgalih Lumajang

  1. Hafidh
    25 Februari 2014

    wah ini keindahan alam kotaku lumajang. Asli mana mas? Salam dari pribumi lumajang

    • Panji Irfan
      25 Maret 2014

      Saya besar di Bandung🙂. Itu tulisan murid saya, he…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 16 Maret 2011 by in Cerpen Siswa.

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: