Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Akhirnya Pep!

Di La Liga. Rekor kemenangan beruntun (winning streak) adalah 15 pertandingan milik Real Madrid pada musim 1960-1961. Rekor tersebut diukir oleh Legenda Madrid Alfredo Di Stefano yang bermain untuk 3 timnas berbeda (Argentina, Kolumbia, & Spanyol) dan Ferenc Puskas (Hungaria). Duet kedua pemain ini pun membuat Real Madrid berhasil mengoleksi gelar Piala Champion selama 5 musim berturut-turut!

Hari ini  6 Februari 2011, Barcelona berhasil memperbarui rekor yang telah bertahan lebih dari 50 tahun tersebut. Tim yang menjadi penggenap rekor tersebut adalah Atletico Madrid dengan skor 3-0, pertandingan bersejarah ini dituntaskan oleh hatrick Lionel Messi, pemain terbaik dunia 2010, menjadikan pembuktian untuk orang-orang yang meragukannya.  16 kemenangan beruntun tersebut dihitung dari partai Barcelona vs Valencia pada 16 Oktober 2010.

Keberhasilan Barcelona adalah angin sejuk bagi saya yang berprofesi menjadi seorang guru. Saya dengan leluasa dapat menggunakan Akademi La Masia sebagai sekolah rujukan yang menjunjung prinsip kecerdasan majemuk, teori pembelajaran kontekstual, pembiasaan multikultural, lengkap dengan penilaian otentiknya. Saya dan siswa dapat belajar bahwa kesuksesan sejatinya bukanlah akhir tetapi proses. Sehingga keberadaan sebuah akademi sekolah yang dikelola dengan baik, dapat menjadi bukti lahirnya para pemain sepak bola andalan dengan karakter juara.

Para fans pun tak pernah berharap tim akan membeli pemain bintang dengan banderol yang sangat mahal. Para fans yakin bahwa pemain binaan mereka tetaplah yang terbaik untuk tim. Hal lain yang dimiliki tim Barcelona dibawah arahan Pep Guardiola adalah sikap pelatih dan pemain yang sangat rendah hati dan menghargai lawan. Pemain “galak” di Barcelona hanya terkesan pada bek veteran mereka Carles Puyol. Sisanya adalah atlet sejati yang memainkan olehraga dengan sebaik-baiknya.

Hari ini adalah hari bersejarah itu. Hari dimana olahraga sepak bola dapat memberikan hikmah. Ini adalah kemenangan proses, kemenangan sebuah sekolah, semoga sejarah ini dapat menjelma sesuatu dalam semangat kita yang terkadang meredup. Amin.

2 comments on “Akhirnya Pep!

  1. sawali tuhusetya
    8 Februari 2011

    salut dengan pendekatannya dalam pembelajaran, pak. ini bisa jadi termasuk salah satu bentuk aplikasi dari ungkapan “alam takambang jadi guru” juga; mengaitkan dunia pembelajaran dengan realitas yang terjadi di sekitar dunia peserta didik.

    • panjiirfan
      9 Februari 2011

      Wah guru bahasa Indonesia legendaris singgah di sini! Senangnya hatiku, he… senang, senang, senang… Makasih banyak pak. Saya banyak berguru pada Pak Sawali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 6 Februari 2011 by in Kronik, Olahraga and tagged , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: