Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Diskriminasi yang Digemari

Kamus Bahasa Bahasa Indonesia memuat kata Diskriminasi menjadi pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dsb). Diskriminasi memang terasa memiliki muatan makna yang tidak positif.

Namun, beberapa diskriminasi sebetulnya menunjukkan kebijaksanaan pembuat kebijakan itu. Saya yang udik dan ketinggalan zaman. Beberapa waktu lalu berjalan-jalan ke Stasiun Kota Jakarta pakai kereta kelas ekonomi. Gila, bayarnya murah banget Rp. 1.000! (dari stasiun Tangerang Kota). Tentu dengan biaya semurah ini akan banyak konsekuensi, dari segi keamanan  dan kenyemanan terutama. Dan pada perjalanan pulanglah ikon unik itu, untuk pertama kalinya memancing rasa kagum.

Perjalanan pulang dengan kereta ekspress. Ibu-ibu yang sedang mengandung, membawa anak kecil, atau membawa barang-barang yang cukup banyak, menjadi lebih tenang dalam perjalanan. Maklum saja, penumpang kereta pada jam-jam sekolah/kantor membludak luar biasa, meskipun ini adalah kereta ekspress. Untuk sekedar berdiri lengang saja sudah tak bisa. Keadaan seperti itu tentu saja menjadi menguntungkan bagi penumpang yang berniat jahat untuk memindah tempatkan barang yang bukan miliknya. Dalam gerbong kereta yang memiliki stiker seperti ini, bagian ujung-ujung gerbong telah dijaga oleh para penjaga gerbong yang bersiap menjaga “sterilnya” gerbong dari laki-laki, meski penjaga gerbongnya laki-laki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 5 Februari 2011 by in Ikonik and tagged , , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 86,552 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: