Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Belajar Menulis Di Jurnal Ilmiah

Artikel untuk jurnal ternyata tak sesuai dengan yang saya pikirkan selama ini. Sistematika artikel untuk jurnal ilmiah dengan artikel untuk surat kabar ternyata memiliki kekhasannya masing-masing. Berikut pengertian artikel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia karya tulis lengkap, msl laporan berita atau esai dl majalah, surat kabar, dsb.

Demikianlah tulisan ini menggambarkan semua kelemahan saya dari sudut pandang akademis. Pemahaman mulai terbantu dengan buku bagus berjudul Pokoknya Menulis karya Pak Adeng Chaedar Alwasilah. Dalam buku tersebut kegiatan menulis dengan berbagai ragamnya (mulai dari menulis ilmiah hingga menulis fiksi) disajikan secara menyenangkan dan memberdayakan. Kecendekiaan beliau pun diakui dunia Internasional dengan meraih penghargaan sebagai penulis Disertasi Terbaik dari Indiana University pada tahun 1990 ketika menyelesaikan pendidikannya di kampus tersebut.

  

Baiklah, kembali lagi ke artikel jurnal dimana saya sedang belajar menulisnya. Saya benar-benar kesulitan meng-Inggriskan bagian pada artikel. Saya akan memanfaatkan kemampuan google translate untuk menerjemahkan abstraksi artikel saya di bawah ini.

Kelas tambahan persiapan menghadapi UN, jam belajar yang berada di jam ke-7-8, dan rumah siswa yang jauh dengan sekolah mengakibatkan kemampuan siswa menuntaskan KKM berkurang. Pemecahan yang dilaksanakan adalah memanfaatkan media Mouse Mischief yang memfasilitasi kegiatan belajar agar lebih interaktif, menyenangkan, dan berorientasi pada siswa. Mouse Mischief adalah aplikasi tambahan gratis dari Microsoft Power Point yang memungkinkan sebuah slide menampung banyak mouse (pointer akan tampil berbeda secara otomatis) untuk mengerjakan soal pilihan ganda.

Semoga apa yang diilustrasikan sebagai cendekiawan berbahasa ibu yang mampu berkancah di dunia internasional dapat dilaksanakan. Salut untuk Bapak dan semua karya tulisnya :).

sumber foto 1, sumber foto 2

About these ads

4 comments on “Belajar Menulis Di Jurnal Ilmiah

  1. budies
    5 Maret 2012

    makasih, mau sekedar baca baca

  2. budiesinfo
    3 Maret 2012

    punya link untuk mengirim jurnal ilmiah-nya pak guru?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 57,416 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: