Sedang Belajar

: belum tahu di pedas lada (belum berpengalaman)

Laporan Perjalanan ke Ciwidey

Liburan telah usai. Saatnya kembali belajar di sekolah (sesuai anjuran Pak Agus Sampurno bahwa ketika guru memasuki kelas, ia tidak hanya mengajar tetapi juga belajar dari siswa).

Pelajaran bahasa Indonesia adalah pelajaran yang luwes. Salah satu judul kompetensi dasar yang mengisyaratkan keluwesan itu adalah Menulis Laporan dengan Bahasa Baik dan Benar (terdapat di kelas 8). Laporan yang dimaksud dalam pelajaran kali ini adalah laporan sederhana yang bersifat subjektif, bukan laporan keuangan atau penelitian yang bersifat objektif.

Laporan perjalanan adalah jenis laporan informal yang dapat dijadikan contoh pada pelajaran kali ini. Ah, tentu saja semua siswa bepergian dalam liburan kali ini. Baik itu ke tempat wisata, ke rumah saudara, bahkan ke rumah teman-teman, semua itu dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran (enak ya, jalan-jalan bisa dijadikan bahan pelajaran? :D).

  

Jika murid menginginkan sebuah contoh maka saya telah siap dengan laporan perjalanan berkunjung ke kawasan Ciwidey di Kabupaten Bandung. Di kawasan tersebut ada tiga objek wisata primadona yaitu Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Cimanggu. Kawasan Ciwidey berada di atas kisaran 2000 dari atas permukaan laut. Ketinggian seperti itu cukup mampu membuat badan bergidik namun gigi tak bergemeretuk. Namun, tak dinyana kawasan ini ternyata cukup dipadati para pengunjung dari luar kota, padahal akses menuju ke kawasan Ciwidey adalah jalan kecil berliku dan tentu saja menanjak. Tuhan menakdirkan kawasan Kabupaten Bandung dianugerahi pemandangan yang sangat indah.

Ketika tulisan ini dibaca oleh peserta didik yang berdomisili di Seruyan Kalimantan Tengah, tentu akan terjadi kesenjangan pengalaman, namun tulisan ini hendak memberikan ilustrasi bahwa dari hal sesederhana dan semenyenangkan jalan-jalan ke tempat wisata dapat menjadi sebuah bahan pembelajaran :).

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 18 Juli 2011 by in Pendidikan, Ruang Kelas, Testimonium and tagged , .

Goodreads

Keren Tanpa Rokok

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

kontak via fb

Arsip

Kategori

Pengunjung

  • 56,196 orang

Sedang Berkunjung

%d blogger menyukai ini: